Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hijab Bagi Wanita Muslim Hukumnya Wajib

(*Gini, banyak dari teman-teman yang sudah mengetahui tapi enggan berjilbab alasannya belum siap atau dari pada berjilbab tapi nakal mending jilbab hati dulu.. dan ada yang belum mengetahui wajib hukumnya mengenakan jilbab.

Karena dari itu saya selalu bertanya - tanya, serta keraguan yang terlintas di benak saya karena saya masih sangat awam dalam hal agama, saya sangat takut sekali bila telah mengenakan hijab tetapi melakukan dosa maka dosanya akan lebih bekali-kali lipat, dan membuat saya sangat takut dan akhirnya saya putuskan untuk meneguhkan pendirian saya maka saya membaca beberapa artikel dan hadist serta ayat mengenai hukum Berhijab dan apa akibatnya bila tidak berjilbab, dan apakah boleh tidak berjilbab karena belum siap?

maka artikel tentang berhijab ini akan menjawab semua, kami mengingatkan sebuah pesan dari Nabi besar Kita, Muhammad Shalallahu 'Alaihi Wassalam tentang Hijab. Jangan menyesal kelak di hari Kiamat, bila anda tidak mau membaca dan menaati nasihat ini.)

APA ITU JILBAB ? Jilbab atau hijab secara syari’at merupakan pakaian bagi wanita yang wajib digunakan untuk menutupi kepala wanita sampai ke dadanya.

Dalilnya sebagai berikut :

"Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya" [QS. An-Nuur Ayat 24:31]. Artinya ialah bahwa Allah menghendaki agar para wanita menutup kain dari kepalanya hingga ke dadanya.
Dari ayat ini maka para wanita Muslimah harus memperhatikan apa yang ia pakai. Apakah benar-benar hijab yang sesuai hukum Allah SWT, ataukah hanya kain yang dihias-hias oleh penjahit. Ingat, hijab bukanlah metode yang bertujuan membuat wanita lebih cantik, justru hijab dipakai agar wanita terlindungi dari fitnah. Itulah salah satu tujuan syari’at.

Dalilnya sebagai berikut :

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Al-Ahzab: 59).
Di antara para wanita di zaman Rasulullah SAW tersebut tentu ada yang baru masuk Islam atau ahli maksiat. Namun, setelah turunnya ayat kewajiban hijab ini, maka mereka langsung melakukan perintah-nya. Tidak ada wanita yang beralasan seperti wanita di zaman sekarang yang menolak hijab dengan alasan: “Aku belum siap”, atau “Jilbab hanya untuk wanita sholehah”.

KEBATILAN ANGGAPAN JILBAB HATI

Sebagian orang yang mengikuti hawa nafsu berkata bahwa jilbab tidaklah penting yang terpenting adalah jilbab hati. Maka, tanyakanlah lagi kepada orang tersebut: “Bagaimana jilbab hati yang benar itu?” Pernyataan seperti ini sangat dekat dengan bid’ah-bid’ah yang dibuat oleh orang-orang Nasrani yang tidak bersunat, ketika mereka ditanya: “Yesus dikhitan pada hari ketujuh setelah kelahirannya, mengapa banyak di antara kalian yang tidak khitan? Mereka menjawab: ‘Yang penting bagi kami adalah SUNAT HATI!’”

Adapun kata - kata yang seringkali kita dengar :
"Untuk apa berjilbab kalau kelakuannya rusak ? Lebih baik tidak berjilbab tapi kelakuannya baik"
Maka, kita katakan kepada orang seperti ini: "Berjilbab saja kelakuannya nakal, apalagi tidak berjilbab? Seandainya ada wanita tidak berjilbab berpengarai baik, tentu lebih baik lagi apabila ia berjilbab.”

BOLEHKAH AKU MEMAKAI JILBAB DAN MELEPASNYA SEKALI-KALI?

Terkadang ada saja pertanyaan-pertanyaan dari para Jilbabers, wanita - wanita yang masih belajar memakai jilbab, atau yang berencana memakai jilbab:
“Bolehkah aku memakai jilbab dan melepasnya sekali-kali?”

Jawaban: BOLEH

Hal ini disebabkan tidak mungkinnya para wanita Muslimah memakai jilbab terus menerus. Ada kala dimana ia melepas jilbabnya. Yaitu di saat mandi, tidur di dalam kamarnya, di saat berdua dengan suami, atau saat berkumpul hanya dengan keluarganya di dalam rumah selama ia yakin tak ada orang non-mahrom yang melihatnya tanpa memakai jilbab. Sebab Allah SWT berfirman:

“Dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.” [QS. An-Nuur 24:31]
Maksud dari ayat ini adalah seorang wanita boleh membuka jilbabnya di hadapan suami, ayah, mertua, anak, saudara, keponakan, teman-temannya sesama Muslimah, pembantu / budak yang tidak punya syahwat karena lanjut usia atau karena dikebiri, atau anak di bawah umur yang belum mengerti apapun tentang aurat (untuk bocah di zaman sekarang dan akibat dari negeri berpaham sekuler kira-kira di bawah tujuh tahun).

SIAPAKAH YANG PERTAMA KALI TERBUKA AURATNYA?

Nenek moyang kita ;
Adam AS dan isterinya adalah manusia pertama yang terbuka auratnya, setelah keduanya diperdaya oleh syaitan:

“Hai anak cucu Adam! Jangan sampai kamu dapat diperdayakan oleh syaitan, sebagaimana mereka telah dapat mengeluarkan kedua orang tuamu (Adam dan Hawa) dari surga, mereka dapat menanggalkan pakaian kedua orang tuamu itu supaya kelihatan kedua auratnya.” (Q. S. Al-A’raf: 27)

Allah SWT memperingatkan kita agar jangan melakukan kesalahan yang sama, salah satunya yaitu memamerkan aurat di depan orang-orang yang seharusnya tidak pantas melihat aurat kita. Sebab yang demikian merupakan salah satu tipu daya setan.





Siksa Azab Buat Perempuan Yang Tidak Mau Berhijab/berjilbab

1. Azab buat kaum perempuan yang membuka rambut kepalanya selain suaminya adalah : Rambutnya akan digantung dengan api neraka sehingga mendidih, otaknya dan ini terjadi sampai berapa lama ia di dunia semasa hidupnya belum menutup rambut kepalanya.

2. Perempuan yang suka berpakaian seksi dan menonjolkan dadanya adalah : "Digantung dengan rantai api neraka di mana dada dan pusatnya diikat dengan api neraka serta betis dan pahanya diberikan panggangan seperti manusia yang memanggang kambing di dunia dan api neraka ini sangat amat memedihkan perempuan ini."

3. Azab buat perempuan yang suka menjadi penggoda dan berusaha menggairahkan pria lain dengan tubuhnya yang aduhai adalah "PEREMPUAN INI MUKANYA AKAN MENGHITAM DAN MEMAKAN ISI PERUTNYA SENDIRI."

Ummat Islam selama ini menyangka tidak kekal didalam neraka, karena ada syafaat atau pertolongan Nabi Muhammad SAW yang memohon kepada Allah agar ummat yang berdosa dikeluarkan dari neraka.

Mereka yang dikeluarkan Allah dari neraka, mereka yang dalam hidupnya ada perasaan takut kepada Allah. Tetapi para wanita yang tak mau memakai jilbab, tidak ada perasaan takutnya akan siksa Allah,sebab itulah mereka kekal didalam neraka. Sekarang kaum wanita yang tak mau berjilbab, dapat menanyakan kepada hati nurani mereka masing-masing.

Apakah terasa berdosa bagaikan gunung yang sewaktu-waktu jatuh menghimpitnya atau bagaikan lalat yang hinggap dihidung mereka?. Kalau kaum wanita yang tak mau memakai jilbab, menganggap enteng dosa mereka bagaikan lalat yang hinggap dihidungnya, maka tak akan bertobat didalam hidupnya. Atau dalam perkataan lain tidak ada Perasaan takutnya kepada Allah, sebab itu mereka kekal didalam neraka sebagaimana bunyi surat Al-A’raaf ayat 36 di atas.Jadi mereka tak mendapat syafaat atau pertolongan Nabi Muhammad SAW nanti di akhirat.

Yang belum berjilbab, hendaklah berjilbab. Yang sudah berjilbab, hendaklah memperbaiki jilbabnya. Yang telah berjilbab dengan baik, bantulah yang belum berjilbab.

“Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu.” (HR. Muslim no. 208)

Teruslah berbuat baik, walau orang-orang di sekitarmu berbuat maksiat. Jadilah dirimu sendiri. Sebab orang jahat menilaimu dari pikiran jahatnya dan mereka pasti suka engkau berbuat jahat, sedangkan orang baik menilaimu dari pikiran baiknya dan mereka pasti suka engkau berbuat baik.






Untukmu ya Ukhti.

Saat saudara kita para wanita Palestina mempertahankan hijab mereka dengan taruhan nyawa mereka. Sedangkan kalian di sini sibuk dengan mempertontonkan aurat - aurat kalian. Tidakkah merrasa malu di dalam diri kalian ?
mereka mempertaruhkan nyawanya untuk bertahan dengan hijab mereka, sedangkan kita ?kita hanya  sibuk dengan komentar - komentar aneh orang-orang yang berhijab. Hanya demi mereka taat kepada allah dan RasulNya. Sebagaimana Firman Allah SWT.


"Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar" [Al Ahzab:71]

"Dan katakanlah kepada wanita-wanita mukminat, hendaklah mereka menundukkan pandangan mereka dan janganlah menampakkan perhiasan mereka kecuali yang biasa nampak dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka" [An Nuur:31]

"Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang" [Al Ahzab : 59]
Padahal kita tahu bahwa Allah SWT sudah memerintahkan kita (Wanita) yang sudah baligh untuk menutup auratnya, Hendaknya kaum wanita menutup seluruh tubuh dan tidak menampakkan anggota tubuh sedikitpun selain yang dikecualikan. 
Demikianlah artikel tentang jilbab ini dibuat. Adapun jika kurang jelas, kurang lengkap, atau terdapat kesalahan padanya semata-mata karena keterbatasan ilmu dan kelupaan penulis. Namun, semoga artikel ini dapat membantu memberikan pencerahan dan motivasi kepada saudari-saudari sekalian.

“Semoga menjadi renungan kita bersama bahwa yang wajib itu tetap wajib hukumnya,,” kalau tidak mulai dari sekarang apakah kita akan menunggu hari lusa atau disaat kita sudah tua,,,?” Ingat satu hal Malaikat maut itu tidak menunggumu hari lusa besok atau taun depan mungkin satu menit, satu jam atau hari esok kita telah dicabut nyawanya oleh malaikat maut,,”dan kita benar-benar menjadi orang yang merugi setelah hari itu datang kepada kita,

Posting Komentar untuk "Hijab Bagi Wanita Muslim Hukumnya Wajib"

POPULER SEPEKAN

Mengapa Domain Penting untuk Bisnis
Gambar
Tugas Makalah Kewarganegaraan Perpajakan di Indonesia
Persebaran flora dan fauna di indonesia beserta gambarnya
4 Tempat Wisata Terbaik di Purbalingga Jawa Tengah
Anda Mencari Risetter Adjustment Program epson l3110 di sini
Cara Mengatasi Mesin Foto Copy E0100-0001 Canon IR 5000
Biografi Singkat Al-Hallaj - Al-Hallaj (Sang Sufi Kontroversi)
Tugas (IPA) Tumbuhan Yang Berkembang Biak Dengan Spora