Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MANDI WAJIB & NIAT SERTA DOA

Doa Mandi Wajib junub


Mandi wajib adalah ritual yang wajib Anda tunaikan ketika terjadi berbagai hal sebagai berikut: keluarnya air mani, bertemunya dua kemaluan walaupun tak keluar air mani, berhentinya haid atau nifas. Para ahli fikih mendefinisikan mandi wajib yaitu membasuhkan air ke seluruh badan dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar. Bagi Anda yang belum mengerti tata cara mandi wajib yang benar untuk laki-laki dan perempuan, maka simak artikel kami berikut: 


Doa atau Niat Mandi Wajib 

Mengenai doa mandi Junub, ini belum ada referensi yang Menjelaskannya. Yang ada hanya niat untuk mandi Junub. Adapun Lafadz niat mandi Junub ini adalah sebagai berikut:

Doa Mandi Wajib

Cara Mandi Wajib untuk Laki-Laki

Dalam kitab Safinatun Najah, Syekh Salim bin Sumair Al Hadlrami menjelaskan bahwasanya rukun mandi besar ini dibagi menjadi dua, yang pertama adalah niat dan yang kedua adalah meratakan air ke seluruh tubuh. Secara praktiknya hal tersebut dapat dilakukan sebagai berikut: 

  1. Saat masuk ke kamar mandi, Anda harus mengambil air kemudian membasuh tangan sebanyak 3 kali Membersihkan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh 
  2. Berwudhu Mengguyur bagian kepala hingga tiga kali , dan bersamaan ini ucapkan niat Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali, kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga. 
  3. Gosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, baik pada bagian depan, belakang, atau menyela rambut serta jenggot (jika Anda punya). 
  4. Hindarkan tangan supaya tak menyentuh bagian kemaluan, jika Anda menyentuh atau tak sengaja menyentuh, Anda diharuskan untuk berwudlu kembali. 

Cara Mandi Wajib untuk Wanita

Cara Mandi Wajib untuk Perempuan Bagi perempuan, mandi junub biasa dilakukan karena mereka memiliki siklus bulanan yang tetap yaitu menstruasi. Tentu saja, setelah mereka menstruasi, mandi junub adalah hal yang harus dilakukannya. Untuk tata cara mandi junub bagi perempuan yang benar sebenarnya sama dengan tata cara mandi besar bagi laki-laki. Bedanya adalah bagi perempuan diperbolehkan untuk menggelung rambutnya seperti yang dijelaskan dalam hadis dari Ummu Salamah, beliau bertanya: 

“Wahai Rasulullah, aku seorang perempuan yang gelungan rambutnya besar. Apakah aku harus membuka gelungan rambutku ketika mandi junub?” Beliau menjawab: “Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyurlah kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu telah suci.” (HR. Muslim no. 330). Dengan demikian, keterangan tata cara mandi junub yang benar untuk wanit adalah sebagai berikut: 

  1. Membaca niat Membasuh tangan sebanyak 3 kali Membersihkan kemaluan serta kotoran yang ada dengan menggunakan tangan kiri. 
  2. Mencuci tangan setelah membersihkan kemaluan tersebut dengan cara menggosokkannya ke lantai atau tanah, atau bisa juga dengan menggunakan sabun Berwudlu sebagaimana ketika hendak melakukan sholat.
  3.  Menyiramkan air ke kepala sebanyak 3 kali (seperti yang dijelaskan di atas bahwa perempuan tidak wajib menguraikan rambut).
  4.  Menyiramkan air ke semua badan, yang dimulai dari anggota tubuh yang kanan, baru kemudian yang kiri Itulah tata cara mandi wajib yang benar untuk laki-laki dan perempuan, seperti yang tertera dalam hukum-hukum fikih yang ditetapkan oleh ajaran agama Islam. 

Manfaat Mandi Junub

Mandi junub ini secara gamblang sudah disebutkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam potongan firman-Nya Al Qur’an surat Al Maidah ayat 6 yakni: “ketika kamu junub, maka mandilah”. Dibalik perintah mandi wajib atau mandi junub, ternyata kegiatan ini memang menyimpan manfaat yang luar biasa, dan berikut adalah manfaat mandi junub tersebut, antara lain:

1. BISA MENGEMBALIKAN VITALITAS

Ketika kita keluar mani, biasanya kita akan merasa lemas ya. Nah, mandi junub ternyata bisa mengembalikan vitalitas, kebugaran serta keceriaan akibat keluar mani tersebut. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat dari Abu Dzar Al Ghifary, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda demikian:

“Saat aku mandi junub, makaa seakan-akan hilanglah dari diri ini 2 beban yang berat, yaitu rasa malas sebagai beban yang terberatnya, dan naiknya ruh ke alam luhur, lalu meningkatnya kemampuan untuk menyaksikan keajaiban ciptaan Allah tatkala bangkit dari tidur.”

Selain berdasarkan hadits, ternyata manfaat mandi junub yang pertama ini bisa dijelaskan juga secara medis. Ketika seseorang mengeluarkan air maninya sekali saja, maka orang tersebut akan mengeluarkan sekitar 2 milyar spermatozoid. Dengan kata lain, orang tersebut juga akan kehilangan energi sebanyak itu hanya dalam sekali air maninya keluar.

Ini akan mengakibatkan orang tersebut merasa lelah dan untuk memulihkan kondisinya, tentu saja tidak akan cukup hanya dengan membilas atau mencuci alat kelamin saja, tetapi dengan menyiram semua anggota tubuh dengan merata.

2. MENGHILANGKAN BAU YANG TIDAK ENAK DARI BADAN

Mandi bisa menghilangkan berbagai kotoran dan penyebab bau badan yang tidak sedap. Bau seperti ini jelas sangat mengganggu baik bagi suami maupun bagi istri, dan mandi bisa menghilangkan itu.

3. MEMBERSIHKAN KUMAN

Selayaknya mandi biasanya, mandi junub juga bisa membersihkan kuman yang ada pada kulit kita. Karenanya, ketika mandi junub kita hendaknya tidak hanya menyiramkan air ke kulit saja, tetapi mengusap-usapnya dengan telapak tangan juga. Hal ini bertujuan supaya kuman yang menempel pada kulit bisa rontok dan terbawa oleh air.

Alhasil dengan begini kita juga bisa terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh kuman tersebut.

Posting Komentar untuk "MANDI WAJIB & NIAT SERTA DOA"

POPULER SEPEKAN

Mengapa Domain Penting untuk Bisnis
Gambar
Dedi Mulyadi Syok Lihat Rumah Mewah Kades Ada Toyota Alphard dan Truk
Pengalaman Kerja di Transjakarta (PLH) (PLB)
Alat alat laboratorium biologi dan fungsinya beserta gambarnya
Tugas dan Fungsi Tanggung Jawab Supervisor Indomaret dan Alfamart
Daftar Lowongan Pekerjaan Setelah Lebaran 2019
Makalah Ekonomi Tentang Teori siklus bisnis
Tugas Sekolah Kebakaran Hutan di Indonesia Terbaru
Baru Pisah Ranjang Karena Terhimpit Ekonomi Suami di Banjarnegara Tega Bvnuh Isterinya