Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Uang Kasir Alfamart atau Indomart Minus

Mencegah Minus Uang Kasir – Halo sobat jumpa lagi di artikel RinoAprilio kali ini, sekarang saya akan coba memberikan sedikit tips agar terhindar dari minusan uang kasir.

Jika anda merupakan seorang kasir di salah satu perusahaan retail pastilah yang ada di awal pikiran anda adalah rasa takut akan terjadi minus atau uang kasir yang kurang atau tidak sama pada data penjualan komputer anda.

Penyebab minus pada uang kasir itu sendiri biasanya dikarenakan beberapa sebab, salahsatunya Mengantuk yang membuat anda menjadi tidak fokus atas setiap transaksi yang sedang anda lakukan saat melakukan kontak dengan konsumen atau bisa juga dikarenakan anda sedang punya masalah di luar area kerja anda atau di dalam lingkup kerja anda yang membuat pikiran anda jadi tidak terfokus pada transaksi kasir yang anda lakukan.

Penyebab Uang Kasir Alfamart atau Indomart Minus

hal di atas merupakan hal yang sangat lumrah terjadi oleh setiap Kasir. Lalu bagaimana cara atau tips menyiasati agar anda terhindar dari minus uang kasir di akhir shift saat anda ingin close kasir anda dan melakukan penghitungan hasil penjualan pada saat itu. coba simak sedikit tips dibawah ini yang mungkin sedikit dapat membantu anda dalam mencegah hal tersebut terjadi.

kasir - Penting,, Tips Mencegah Minus Uang Kasir !

Tips Mencegah Minus Uang Kasir

1. Olahraga pagi

Sebelum anda memulai transaksi pada kasiran anda cobalah untuk sedikit olah raga ringan hal ini membuat kesegaran anda dan tingkat kefokusan anda bertambah saat pekerjaan anda dimulai.

2. Tidak Sedang Mengantuk usahakan ngopi

jika saat anda ingin memulai pastikan anda sedang tidak mengantuk hal ini dikawatirkan saat anda melakukan transaksi bisa saja anda salah menghitung uang yang masuk ataupun keluar di kasiran anda, cobalah untuk minum kopi sebelum memulai aktifitas kasir anda atau bisa juga minum minuman yg memiliki sedikit rasa asam sebagai pengganti jika anda tidak menyukai kopi agar mata lebih terasa tegar.

 3. Pisahkan Uang Pribadi / Taruh di tas anda

hal tersebut menghindari uang pribadi anda tercampur dengan uang kasiran anda atau uang hasil transaksi kasir anda.hal ini sering terjadi karna mungkin terkadang kita lalai dan kurang fokus akibat keletihan saking banyaknya transaksi dan kontak yg dilakukan oleh konsumen.

4. Hitung Dengan Teliti Uang Modal Awal Kasir

Seorang kasir yang akan mulai bekerja atau bahasa kampungnya ngasirin pastilah akan diberikan atau disediakan Uang modal yang awal untuk kembalian tunai jika ada konsumen awal yang akan transaksi dengan pecahan uang besar, menghitung uang modal dengan sangat teliti sangatlah penting, karna hal ini adalah salah satu penyebab besar Minus uang kasir yang terjadi pada saat transaksi kasiran.

5. Selalu Sebut Uang Tunai Yang diberikan Konsumen

hal ini juga menjadi penyebab kita minus karna saking lelahnya bahkan terkadang selang beberapa detikpun uang yang kita terima dari konsumen kita bisa lupa berapa nilainya, menyebut kembali uang yg diberikan konsumen menjadi sangat wajib dalam hal ini.

6. Keaslian Uang

pastikan uang yang anda terima dari konsumen merupakan uang Asli. karna jika di akhir close kasir anda cek seluruh uang transaksi dan anda menemukan uang palsu anda sendiri yang akan menggantinya dikarenakan kelalaian anda, Gunakan Money Checker untuk cek keaslian uang, biasanya perusahaan sudah menyediakan alat ini di setiap meja kasir.

7. Cek Kembali Total Uang Kembali Konsumen Jika Ada

Jika konsumen masih punya hak uang kembali pastikan anda menghitung kembali ,jangan hanya sekali lalu langsung anda berikan pada konsumen, hitung setidaknya 2 kali dan saat memberikan ke konsumen pastikan anda menyebut Nominalnya dan dan minta Konsumen dengan nada dan cara sopan untuk menghitung kembali total uang kembalian miliknya

8. Hitung Hasil Transaksi Akhir dalam Keadaan Santai dan Teliti

Di akhir transaksi saat close pasti anda menghitung semua jumlah REAL uang yang ada hasil penjualan dan mencocokan dengan data pada komputer, ingat data yg benar adalah yang ada pada komputer. jadi uang real harus balance atau sama pada data komputer ,inilah pentingnya anda santaikan tubuh dan pikiran anda sejenak dari kelelahan sebelum anda menghitung dan mencocokan uang hasil penjualan dengan data pada komputer.

Demikian lah beberapa tips yang saya dapat bagikan di artikel kali ini mengenai Tips Mencegah Terjadinya Minus Pada Uang Kasir. semoga anda para kasir dapat mengambil manfaat dari artikel ini.jangan lupa share artikel ini ke sosial media dengan tombol dibawah agar orang lain juga dapat mengambil manfaat dari informasi yang saya bagikan ini.

Posting Komentar untuk "Penyebab Uang Kasir Alfamart atau Indomart Minus"

POPULER SEPEKAN

Polisi Tangkap Pelaku Asusila Parakan 01 Karena Mantap-Mantap Didepan Umum dan Viral
2 Mobil Pemudik Dari Bandung Ke Cilacap Alami  Kecelakaan di Majenang
Tugas dan Fungsi Tanggung Jawab Supervisor Indomaret dan Alfamart
Makalah Ojt Alfamart Sebagai Crew
 Panduan Cara Menginstall Windows 10 Laptop dan Komputer
Alat alat laboratorium biologi dan fungsinya beserta gambarnya
2023  Warga Kebumen Mudik Lewat Tol Cileunyi/Gedebage (Bandung)-Garut-Tasikmalaya-Cilacap
Kehidupan Masyarakat di Dataran Rendah, Dataran Tinggi, dan Daerah Pantai
Makalah Hasil Observasi Alfamart 2019